Minggu, 04 Februari 2018

Aplikasi Android untuk Membuat Checklist sesuai Kuadran Aktivitas

Masih dalam rangka meningkatkan produktivitas, ada banyak aplikasi yang bisa diinstal di ponsel untuk membantu kita dalam mengefiesienkan waktu dan tenaga. Apalagi bagi saya yang memang lebih banyak bekerja dengan ponsel, harus benar-benar memilih aplikasi yang pas, mudah digunakan, ukuran file tidak terlalu besar, sehingga tidak menguras memori, dan tentunya bermanfaat untuk produktivitas kerja.

Salah satu aplikasi yang saya butuhkan adalah di bidang management organisizer.  Kebutuhan untuk membuat target pribadi maupun target pekerjaan baik harian maupun dalam jangka waktu tertentu, lebih mudah dengan aplikasi ponsel. Bagaimanapun juga ponsel sangat dekat dengan saya, sedekat nafas saya. Dan pilihan saya untuk aplikasi yang saya butuhkan ini jatuh pada Ike - To Do List, Task List yang dibuat oleh pengembang Pocket Universe, LLC. Aplikasi ini bisa diunduh di sini



Fitur yang ditampilkan di aplikasi ini sangat simple, namun membantu saya untuk mencapai target. Dengan aplikasi ini saya tidak perlu lagi membuat dan mencetak checklist harian untuk ditempelkan di lemari baju ^U^. Ada fitur reminder dan juga fitur yang Aplikasi ini membantu saya merumuskan target dengan metode SMART, masih ingat metode SMART yang dipelajari di program Matrikulasi lalu kan?

Kita review tentang kaidah SMART dalam mencapai target yuk

Kaidah yang pertama Specifik, di aplikasi Ike ini kita bisa menyusun target khusus per kategori, bahkan bisa disusun berdasarkan kuadran aktivitas. Dengan aplikasi ini saya bisa lebih fokus pada target. Semakin bisa fokus, maka semakin besar energi yang harus saya pusatkan ke aktivitas tersebut.






Selanjutnya melalui aplikasi ini saya juga bisa membuat target yang Measurable (terukur). Di Fitur note yang disediakan memudahkan saya untuk menuliskan capaian yang saya inginkan. Demikian pula untuk kaidah Attainable (dapat dicapai) dan Relevant (relevan), aplikasi Ike sudah menyediakan menu Categories, yang dibuat dalam skema kuadran aktivitas. Ada pengaturan deadline yang bisa diatur waktunya. dan apabila melewati dari deadline yang sudah tertulis, maka di aplikasi ini kita bisa mengevaluasi berapa checklist yang sudah completed maupun yang overdue alias tidak tercapai. Pas untuk poin Time-Based (berbasis waktu) dalam metode SMART bukan?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar