Senin, 02 November 2020

Sinergi dalam Sebuah Team Work (Studi Habit 6 dari The Seven Habit)

Aku menulis jurnal ini setelah mengalami perenungan panjang. Banyak hal yang menari-nari di kepala, seakan-akan siap meloncat karena ritmenya berantakan. Yah... sebuah konsep baru terasa ingin masuk berjejalan pula ke dalamnya. Sehingga jurnalku ini terlambat dari baiasanya.


Ilustrasi The Seven Habit - Stephen R Covey
Ilustrasi The Seven Habit - Stephen R. Covey

Agak sulit memang mencari hubungan produktif - tim kerja - karakter - habit - project passion. Akhirnya memaksaku untuk berselancar di alam maya mencari inspirasi yang berujung pada buku 7 Habits for Highly Effective People dari om Stephen R. Covey. Duh ,,, kerasa bet kalau dulu baca buku ini gak khatam-khatam. Jadi menurut si om ini ada 7 habit yang efektif akan mempengaruhi sebuah produktivitas. 

Habit 1 – Proaktif

Habit 2 – Hidup Berdasarkan Visi

Habit 3 – Manajemen Waktu

Habit 4 – Berpikir Menang-menang

Habit 5 – Empathy

Habit 6 – Sinergi

Habit 7 – Mengasah Gergaji/Menggali Potensi


Pada gambar ilustrasi diatas aku dapat menganalogikan Seven Habit sebagai proses bertani, sebuah proses bertani diawali dengan pengolahan agar tanahnya yang subur adalah tanah kemandirian [kemenangan pribadi ]  . Tanah dalam pertanian sangatlah memegang peranan penting, karena kesuburan suatu tanaman sangatlah ditentukan oleh kondisi soil tanah tersebut. Bila tanahnya terlalu kering [ Ego/ over mandiri ] , maka tumbuhan akan kekurangan air dan akhirnya akan mati. Begitupun juga bila tanahnya terlalu gembur [ dependence / tergantung ] maka akan sulit pula tumbuhan tersebut berkembang karena tak ada dukungan yang kuat .


Kebiasaan berpikir menang-menang adalah bagaikan akar yang kuat dan sehat . Akar yang kuat dan sehat sangatlah menentukan perkembangan selanjutnya dari pohon tersebut . Sedangkan pohon yang sehat [ Habit 5 ] , akan menentukan juga kualitas dari buah yang akan dihasilkan [ Habit 6 ].


Jadi 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif pada dasarnya adalah sebuah kesatuan . Pendekatan yang menyeluruh dan tak bisa dipisah pisah kan. Sebagaimana yang dikatakan Om Covey, "anda tidak bisa memanen buahnya sebelum anda menanamnya."


Di jurnal kali ini aku akan fokus mempelajari habit 6 karena menurutku ini adalah tahapan yang paling tepat dalam mewujudkan tim kerja project passion. Sinergi menghendaki anggota tim untuk bekerja sama agar tercapai tujuan yang sama dengan lebih baik. 


Sebuah tim kerja tidak akan berhasil tanpa adanya habit ini. Aku contohkan saja dalam tim kerja yang sedang aku jalani sekarang. Mewujudkan project pembuatan kartu edukasi hanya akan dapat berjalan lancar jika masing-masing team mau berkontribusi. Edukasi itu sangat luas, masing-masing anggota tim memiliki keunikannya masing-masing. Satu produk tidak akan bisa hanya dikerjakan oleh satu orang, harus ada sinergi yang membutuhkan skill masing-masing personal. Aku ambil contoh satu produk, yakni produk kartu edukasi dengan tema pernikahan. Ada beberapa disiplin ilmu yang dibutuhkan untuk membuat konten edukasinya. Keberadaan tim akan saling melngkapi, akan ada pembagian tugas dalam sebuah tim. Ada yang mengambil peran sebagai konsep design, ilustrator, konten dan yang paling penting harus ada role play sebelum produk tersebut diluncurkan. Nah ini tidak bisa diwujudkan tanpa kerja tim. 


Walau jujur dalam sebuah tim kerja pasti akan ada saja faktor penghambatnya. Inti dari sinergi adalah menghargai perbedaan. Tim kerja dapat bersinergi dengan baik apabila masing-masing personelnya mengetahui dan mengakui adanya perbedaan di antara mereka dan bahwa perbedaan itu sangat baik dalam kehidupan. seperti halnya pepatah yang menyatakan;


Perbedaan hadir karena adanya perbedaan sudut pandang dari masing-masing orang mengenai suatu kondisi. Hal ini sangat baik dalam menyelesaikan sebuah masalah.


Dari beberapa kali diskusi di tim, ada dua hal penting yang aku pikir itulah kunci terlahirnya sebuah sinergi; yakni komunikasi dan hubungan relasi yang baik. Komunikasi akan membuka hati dan jalan pikiran anggota tim untuk mewujudkan ide baru. Memang butuh waktu dan pengorbanan untuk mewujudkan komunikasi yang lancar di antara personel tim. Komunkasi yang baik akan melahirkan penghormatan atas semua ide dan pendapat yang disampaikan semua anggota tim. Hal ini sangat penting, komunikasi sinergi harus dicapai sehingga personel lebih kreatif, termasuk mampu menyelesaian hambatan yang dihadapi sebelum peluncuran produk. Jika komunikasi sinergi tercapai, maka akan terlahir kompromi (hubungan relasi) yang lebih baik.


Jadi apakah melatih habit sinergi itu baik? Tentu. 

Walaupun kecenderungan orang akan mau menang sendiri,  namun habit sinergi ini akan dapat dicapai apabila kita telah menerapkan habit-habit sebelumnya, mulai dari proaktif sampai dengan empati.


Next... aku akan menjurnal tentang  Perlunya Milestone Untuk Membentuk Habit Baru, stay tune

Tidak ada komentar:

Posting Komentar