Jumat, 28 Juli 2017

Berapa Jarak Dari Rumah Ke Sekolah?

Demi menyelesaikan tugas dari ustadznya di sekolah, hari ini belajar takar menskarnya belum bisa lanjut. Kebetulan tugasnya tentang membuat denah dari rumah ke sekolah.

Ridho ternyata sudah bisa membedakan denah dengan peta. Saat umi bertanya tentang skala yang harus dipakai untuk membuat denah, justru dia protes. Dalam denah tidak memakai skala, tetapi menggunakan keterangan.


Okelah hari ini kita belum belajar tentang skala yang rumit. Diawali belajar tentang arah mata angin. Berhubung rumah kami di pinggir jalan raya kabupaten, maka arah rumah kami tidak jelas, menghadap ke utara bukan, ke timur juga bukan. Terus kearah mana dong? Timur Laut kah? Bukan juga 😆. Jadi kami memutuskan untuk menganggap rumah kami menghadap ke utara sedikit serong.

Kemudian menentukan perkiraan jarak. Cukup sulit untuk anak seusia Ridho, akhirnya Umi menyarankan untuk mengukurnya dengan melihat speedometer pada sepeda motor. Saat hendak berangkat tugas Ridho mencatat angka awal di speedometer, kemudian mencatat angka akhir sesampainya di sekolah.  Dan ternyata cukup jauh juga jarak antara rumah kami dengan sekolah, menurut catatan Ridho jarak yang harus ditempuh ada 14 km.

Wah menghitung waktu tempuh sudah, jarak pun sudah. Berarti besuk bersiap untuk belajar kecepatan ya nak 😄.

#HariKelima
#Tantangan10Hari
#GameLevel6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar