Senin, 09 November 2020

Perlunya Milestone Untuk Membentuk Habit Baru

Referensi dalam menulis jurnal ini adalah buku How to Master Your Habits karya ustadz Felix Y Siauw, belum khatam sih bacanya, tapi sudah mendapatkan beberapa insight. Kebingungan menghadapi timeline kelas Bunda Produktif dengan proses latihan habit akhirnya menuntunku untuk mencari lebih lanjut, sebenarnya apa sih hubungan antara habit dan milestone. Alamdulillah.... ilmu itu selalu datang disaat kebingungan melanda, yang penting tetap fokus pada solusi maka cahaya pencerah itu akan hadir. Oya jurnal ini kubuat untuk melengkapi jurnalku tentang Sinergi dalam Sebuah Team Work (Studi Habit 6 dari The Seven Habit - langsung klik ya)


Ada insight yang sama antara isi buku dan prosesku meraih predikat produktif di kelas ini. Isi buku ini tentang pola apa yang akan digunakan untuk membentuk habit, pola yang sudah terbukti ketika Ust Felix melatih habitnya untuk menjadi master di bidang dakwah.

Mapping Milestone Feducard Project
Mapping milestone Feducard Project, sebuah contoh dalam melatih habit


Jadi memang penting banget menetapkan milestonenya, karena ini adalah kerangka dasar, batasan waktu untuk berproses menjadi lebih produktif. Seperti gambar ilustrasi diatas, itu adalah milestone yang disepakati teman-teman tim Feducard Project. Inilah beberapa insight yang kudapatkan;


  • Seseorang akan lebih produktif dan dapat menguasai keahlian apapun yang diinginkan bila memang benar-benar menginginkannya, dengan cara membiasakan dan membentuk habit pada dirinya. Menjadikan yang luar biasa menjadi kebiasaan. (hal 21)
  • Sehebat apapun seseorang untuk merencanakan project, berpikir dan  beraktivitas untuk merelaisasikan dengan habitnya, maka sebenarnya dia tidak akan bisa ‘menipu’ habitnya. (hal 25)
  • Habit adalah hasil pengulangan suatu aktivitas dalam jangka waktu tertentu yang bertahap (milestone). Semakin banyak satu aktivitas diulang dalam jangka waktu yang lama, maka habit akan semakin kuat. Habit dibentuk dari practice (latihan) dan repetition(pengulangan) dalam rentang waktu tertentu. (hal 37)

Seiring dengan berjalannya Feducard Project ini aku memotivasi diri sendiri untuk tidak menghiraukan timeline kelas, namun tetap fokus dan bekerja untuk mewujudkan tujuan, maka seiring dengan berjalannya waktu karena ini adalah project passion akan dengan sendirinya terbentuk habit baru tersebut. Dengan syarat terus komitmen dan konsisten dengan pekerjaan plus membuat to do list harian berupa habit tracker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar