Senin, 30 November 2020

Manuver Seorang Leader Demi Berjalannya Project Passion

 Judul asline sebenarnya bingung mau nulis apa, ha...ha...ha...


Tentang 4 E ya...

Aku adalah penganut kubu nurture jika sudah bicara soal bakat. kubu ini sangat menyakini bahwa sifat seseorang bisa berubah seiring dengan perubahan lingkungan dan pendidikan. Adalah John B. Watson yang mencetuskan teori ini. Aku yakin pengalaman mampu menuliskan segala pesan pada sifat dasar manusia. Layaknya sebuah kertas putih bersih, maka akan dapat tertulis dan tertuang warna yang indah seiring sejalan dengan bagaimana kerta itu dimanfaatkan. Proses dan pengalaman sangat mempengaruhi perubahan ini.


Halah gladrah, wong cuma disuruh menulis tentang apa yang dirasakan selama menjalani project passion, malah ke arah situ...he...he...


Jujurly dalam menjalani project passion ini pas banget, aku bisa memancarkan (shinning) 4 E yang selama ini berada terpendam dalam diriku. Hanya saja timeline projectnya yang terlalu cepat membuatku keteteran. Ditambah dengan tumpukan kerjaan akhir tahun kantor yang membuatku semakin tak berkutik.


Dari sini, aku baru sadar, bahwa selama ini aku baru menjalani pekerjaan, belum sepenuhnya menempuh profesi. Sangat berbeda sekali definisi pekerjaan dan profesi. Yang aku pahami pekerjaan itu dilakukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban demi menghasilkan nilai rupiah (produktif dalam sisi materi). Sedangkan profesi itu dijalani karena ada unsur 4 E nya tadi, easy, enjoy, excellent dan eran. 


Yah... terpaksa beberapa pekan ini aku skip kegiatan di Hexagon City kecuali yang wajib saja. Susah bagi waktunya dengan dunia nyata pren...(baca aktivitas publik yang sedang aku jalani). Ha...ha... jadi merasa sedikit hambar sih, hanya menggugurkan kewajiban tanpa menikmati permainan yang sedang berjalan di Hexagon City. Maafkan daku yang harus memprioritaskan beberapa pekerjaan kantor yang juga dikejar deadline.


Walhasil strategi menjalankan delegasi harus ditempuh. Alhamdulillah terbukti efektif. Beberapa tugas di Hexagon City dengan sukarela akhirnya dihandle oleh warga yang lain. Kunci utama keberhasilan pendelegasian ini adalah komunikasi, kepercayaan, dan kontrol. Aku bilang 3 K.


Gak mudah memang, namun sebuah teamwork bukan saja milik seorang leader. Bagiku leader adalah seseorang yang bertanggungjawab akan suksesnya sebuah team work dijalankan dengan membagikan porsi pekerjaan sesuai dengan kemmpuan anggota timnya. Bravo!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar