Selasa, 30 Juni 2020

Mastermind, Motivasi Untuk Meraih Kesuksesan

BuPer pertama kali mengenal istilah mastermind (MM) saat masih menjabat sebagai kordi di IP Malang Raya. Mastermind yang BuPer pahami waktu itu adalah sebuah proses yang dilakukan dalam satu periode untuk mencapai sebuah kesuksesan. Ada tiga hal dengan tiga pertanyaan yang mendasari sebuah proses mastermind ala Ibu Profesional yakni;


  1. Sukses apa yang sudah diraih?
  2. Kunci sukses yang dicapai?
  3. Mau sukses apa periode selanjutnya?



Proses ini apabila dilakukan secara berkelanjutan akan menjadi sebuah booster untuk mencapai kesuksesan. Sekian lama mengikuti program mastermind banyak insight yang BuPer dapatkan. Terlebih ketika mencari referensi dari buku "The Law of Success" buku karya Napoleon Hill sang pencetus ide mastermind.

 “Tidak ada ide sukses yang lengkap dengan sendirinya. Perlu kontak dan dukungan dengan ide lain untuk tumbuh dan berkembang".


Napoleon Hill berkata, “Tidak ada ide sukses yang lengkap dengan sendirinya. Perlu kontak dan dukungan dengan ide lain untuk tumbuh dan berkembang". Penggunaan yang tepat dari kelompok mastermind adalah landasan bagi semua pencapaian besar, dan itu adalah salah satu langkah yang paling sering dilupakan orang. Dengan kemampuan kita sendiri, kita hanya dapat memiliki jumlah pengalaman yang terbatas, suatu kelompok mastermind memungkinkan kita untuk belajar bebas dari pengalaman, pelatihan, keterampilan, dan pengetahuan orang lain yang selaras dengan tujuan utama kita yang pasti. Manfaat kelompok seperti ini adalah peningkatan keberanian, iman, dan sejumlah keuntungan positif lainnya. Dengan kata lain, sendiri, Anda hanya menggunakan satu sapuan kuas, tetapi dalam grup mastermind Anda bisa menjadi Monet.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat kekuatan mastermind bekerja adalah menciptakannya!

Saat Anda menguraikan tujuan utama pasti Anda, itu akan segera menjadi jelas, sehingga akan ada orang-orang yang tepat dalam membantu dalam mencapai tujuan itu. Dengan berkelompok dengan seseorang yang lebih berpengetahuan dan berpengalaman, maka akan bersama saling melengkapi dan membangun sikap mental yang positif. Anda akan menemukan pasangan yang akan membantu untuk melihat misi Anda sampai selesai. Kemitraan dengan individu yang tepat sangat penting, dan dengan pertemuan teratur dan keharmonisan yang terjaga,  maka mastermind Anda akan menjadi kekuatan yang jauh lebih besar daripada ketika hanya ditulis untuk diri sendiri.

Setiap orang dapat dan harus segera membentuk mastermind, minimal dengan anggota keluarga. Aliansi dengan pasangan (suami) atau anggota keluarga dekat lainnya, adalah sistem pendukung yang penting, baik secara terus-menerus dan khususnya selama masa-masa sulit. Keharmonisan dalam hubungan ini sangat penting. Hubungan ini, ketika dikembangkan dengan baik menciptakan dinamika di mana orang yang dicintai akan mendukung dan membantu dalam pencapaian tujuan Anda. Hubungan ini akan memungkinkan Anda untuk tetap semangat, menyusun kembali dan mempertimbangkan kembali pada saat Anda mungkin tergoda untuk berhenti. Seperti halnya program mentoring di kelas Bunda Cekatan ini, hubungan antara mentee dan mentor adalah salah satu contoh kelompok mastermind yang tepat. Untuk mengetahui apa mastermind BuPer di pekan keenam program mentoring Bunda Cekatan ini, Anda bisa membacanya di Sukses Menjadi Seorang Content Creator.

Cara penting untuk memanfaatkan mastermind adalah dengan menetapkan standar kesuksesan diri sendiri. Menetapkan tujuan utama yang pasti akan benar-benar melakukan sebagian besar hal ini untuk Anda, tetapi tidak ada salahnya untuk menjadikannya tujuan untuk menjaga diri Anda bahagia, untuk memastikan Anda on track menuju pencapaian, menjadi cekatan di satu bidang yang Anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar