Selasa, 14 November 2017

Mengingat Pesan

Pernah dibuat kesal gegara nitip pesan ke anak, tetapi anak lupa untuk menyampaikan ke yang bersangkutan?
Bisa jadi itu akibat kesalahan kita saat menyampaikan pesan. Mungkin si anak tidak paham dengan maksud pesan yang kita titipkan, atau bisa jadi saat menyampaikan pesan kita kurang kreatif sehingga pesan tersebut tidak membekas di memori anak.

Memori anak-anak sangat pendek waktunya, andaikata kita menyampaikan pesan dengan cara yang monoton maka bisa dipastikan pesan tersebut akan lewat tak berbekas. Banyak media untuk menyampaikan pesan dan keberhasilan dalam menyampaikan pesan sangat bergantung pada gaya belajar anak. Anak dengan gaya belajar visual seperti Ridho lebih nyaman dengan pesan berupa tulisan atau gambar.

Pagi ini Ridho mendapat tugas untuk menyampaikan pesan saya kepada gurunya. Karena kesibukan saya, tidak sempat untuk memback up pesan tersebut dengan WApri gurunya. Saat menjemputnya di sore hari, saya pun agak terkejut ketika Ridho berkata, "Mi pesannya sudah saya sampaikan ke pak guru." Terus terang saya lupa telah menitip pesan kepadanya. Sambil mengucapkan terima kasih, saya bertanya kepadanya, bagaimana cara dia mengingat tugas mengirim pesan ini. Dan kemudian Ridho pun membuka catatan di bukunya.
Wah perlu ditiru nih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar