Sabtu, 15 Juli 2017

Budaya Membaca dan Literasi Media

  • Banyak cara untuk menstimulasi kecerdasan anak, salah satunya adalah dengan meningkatkan keterampilan membaca. Membaca adalah awal dari proses berfikir, anak yg terbiasa membaca maka kemampuan verbalnya juga meningkat.
Tantangan kelas Bunda Sayang ini tentang stimulasi membaca pada anak. Bagi keluarga kami membaca sudah menjadi sebuah deep habit. Karena membaca adalah salah satu hiburan bagi keluarga kami. Ada satu poin yg menjadi catatan tersendiri, sebuah koreksian dari masa lalu. Adalah sebuah kesalahan di masa lalu saat kami menggegas anak untuk bisa membaca. Terbayang di ingatan wajah polos anak2 yg begitu tegang saat umi menyimak mereka membaca, terutama Dul. Sebenarnya mengajari anak untuk membaca itu bagus, tetapi yg terbagus adalah mengajak mereka mencintai buku.
Alhamdulillah proses untuk mencintai buku tdk perlu kami ulang, karena kami kedua orang tua mereka memang sudah mencintai buku sejak sebelum menikah. Mungkin habbit inilah yg menjadi teladan bagi anak2 untuk mencintai buku.

Nah selain menjadi teladan agar anak cinta buku, berikut tips untuk menstimulasi agar gemar  membaca (dikutip dari berbagai sumber):

  • Jadikan membaca bagian dari  aktivitas sehari-hari
    Bunda tidak perlu menyediakan sesi khusus belajar membaca. Biasakan anak membaca di berbagai kesempatan. Misalnya, di pagi hari saat sarapan, minta ia membaca dan mengeja kata-kata yang terdapat di kemasan makanan. Mulai dari kata yang singkat seperti nama produk, sampai yang panjang seperti instruksi makan. Selain itu, saat sedang bepergian, minta anak untuk mengamati dan membaca berbagai tulisan yang tertera di dinding gedung, papan iklan, papan pengumuman, dan lain sebagainya.
  •  
  • Dekatkan anak dengan buku
    Selalu sediakan waktu untuk  membaca buku dengan anak setiap hari. Misalnya, di sela-sela waktu bermain atau setiap sebelum tidur. Letakkan buku di berbagai area di dalam rumah, seperti di kamar tidur, di ruang keluarga, dan di dekat televisi sehingga anak otomatis menjadi dekat dengan buku. Selain itu, biasakan ia untuk selalu membawa buku saat sedang bepergian. Dengan begitu, ia tetap bisa membaca buku saat sedang di mobil atau pun ketika berada di restoran, di dokter, atau di tempat-tempat lainnya. Pastikan buku-buku yang dibaca anak memang sesuai dengan usianya, ya. 
  • Tambahan sy pilihkan bahan buku sesuai usia anak ya...Untuk balita pilihankan yg berbahan tebal dan tak mudah sobek
     
  • Membuat "buku" sendiri
    Jika bunda pandai menggambar, buatlah komik sederhana untuk si kecil. Misalnya, tentang si kecil yang sedang bermain bola, si kecil yang sedang pergi ke sekolah, dan lain-lain. Biarkan ia melihat proses bunda menggambar dan menulis cerita untuk menumbuhkan ketertarikannya terhadap membaca, menulis, dan menggambar.
  • Saya sih tak perlu harus mencari penerbit. Membuat buku ini cukup dengan staples dan lakban sehingga terbit untuk kalangan terbatas 😂.

  • Selamat Mencoba

  • #aliranrasa
  • #stimulasimembaca
  • #kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar