Minggu, 30 Juli 2017

Berapa Kecepatannya?

Agenda keluarga kecil kami akhir pekan ini adalah berkumpul bersama di Pedan, di kota kelahiran Ummi. Sudah dua pekan kami terpisah, Mbak Da melanjutkan belajar di Sukoharjo sedangkan Mas Dul di Klaten.

Pagi-pagi adek Do sudah bersiap-siap tak sabar ingin ketemu kedua saudaranya. Meskipun Abi bilang kami akan berangkat siang, namun dengan semangatnya Do merapikan barang yang akan dibawanya ke Pedan sebelum berangkat sekolah. Moment perjalanan kali ini Ummi akan mencoba untuk mengajarkan tentang konsep kecepatan.

Sebelum berangkat Ummi sedikit memberi briefing tentang project yg akan kami jalankan. Bahan yang dibutuhkan di project ini jam, peta, ATK dan speedometer mobil 😆.

Tugas adek Do adalah melihat peta serta mengukur jarak antara kota Pacitan - kota Klaten, tentunya dalam skala perbandingan. Setelah itu mengkonversikan ke jarak tempuh yang sebenarnya dalam satuan KM. Setelah pengukuran ketemulah jarak Pacitan -Klaten sejauh 214 KM. Selanjutnya adek Do mencatat waktu berangkat, kami berangkat dari rumah Pacitan pukul 12.30 WIB. Satu, dua, sampai beberapa menit kemudian adek Do masih memperhatikan jarum pada speedometer mobil. Menurut Ridho, Abi mengendarai mobil dengan rata-rata kecepatan 60km/jam. Di menit-menit berikutnya adek Do sudah tumbang di atas pangkuan Ummi, mungkin sudah bermimpi indah bertemu dengan kedua saudaranya 😊.

Satu, dua, tiga... sesampainya di kota Klaten Do masih tertidur. Begitu mobil berhenti barulah dia bangun, seperti biasa komentarnya adalah cepet sampai ya Bi.
Ya iyalah, lha wong tidur 😂.

Meneruskan project hari ini, Ummi meminta adek Do untuk melihat jam dan mencatatnya sebagai jam kedatangan. Dengan melihat jam tangan birunya, dia mencatat pukul 15.47 sebagai waktu kedatangan. Tugas selanjutnya adalah melepas kangen dengan Mas Dul terlebih dahulu. Untuk menghitung kecepatan dilakukan malam hari setelah kami lengkap berkumpul.

Tibalah malam hari di kota Pedan, selepas makan malam kami berkumpul, ngobrol dan bermain bersama. Melanjutkan project di siang harinya adek Do harus bisa membuat estimasi berapa kecepatan rata-rata yang digunakan Abi untuk menempuh jarak antara kota Pacitan-Klaten dalam tempo 3 jam 15 menit.

Tampaknya adek butuh corat-coret dulu nih. Atau ada yang mau membantu menghitung?

#HariKeenam
#Tantangan10Hari
#GameLevel6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar