Kamis, 27 Juli 2017

Menakar Gula Agar Terhidang Susu yang Lezat

Hari ini mendung, jadi malas untuk keluar rumah, tetapi bukan berarti malas juga untuk belajar. Apalagi kalau dingin-dingin begini enaknya minum yang hangat-hangat, seperti susu coklat atau coklat hangat. Efeknya hmmmm.....menenangkan.

Kali ini Ridho pilih susu coklat hangat dan Umi pilih coklat hangat (paporit nih). Masih di dapur dan masih tentang matematika. Inilah senangnya belajar dirumah apa saja dan dimana saja dapat menjadi sarana dan prasarana untuk belajar. Tema hari ini adalah alat ukur berat dan isi, kalau di dapur sering diganti dengan istilah takaran.



Nah sebenarnya Ridho nih sudah sering buat susu sendiri, nuang air panas sendiri dari termos kecil yang memang khusus buat si ganteng ini. Iseng aja sih Umi pengin ngetes daya ingatnya tentang alat ukur ini. Anak ini suka yang manis-manis, kayak ummanya ha....ha....ha..... Makanya gak heran kalau setiap membuat susu dia pasti banyakin gula dan susunya. sambil ngintip Umi tanya ke Ridho,

"Adek suka susu manis? Berapa tadi takaran susu dan gulanya?

"Iya...., gak manis kan gak enak Mi, tadi dua sendok gula dan dua sendok susu untuk satu gelas ini" pamernya sambil menunjuk gelas susu buatannya.

"Hmmmm....Umi mau bikin coklat hangat nih, tapi gak suka manis, kira-kira berapa ya takaran gulanya? selidikku

"Satu sendok saja Mi, udah manis kok segitu"

"Oke dek, kalau Umi punya 1 kilo gula pasir, pasti cepetan adek nih yg ngabisin gulanya, kan adek suka manis."

"Masak Mi? kan adek pake sendok bukan timbangan? giliran dia yang bertanya.

"Iya kilo itu kan satuan berat standar, alat ukur berat yang sudah baku, kalau sendok itu sering juga digunakan sebagai pengukur berat selain timbangan. namanya alat ukur tidak baku. Adek mau tau satu kilo itu ada berapa sendok? tantangku

"Gak mau.....dingin.....mau minum susu aja...." sambil kabur ke ruang keluarga

Oke nak...besuk kita lanjutkan tentang alat ukur ini ya, biar engkau bisa mengasah logikamu.

#HariKetiga
#Tantangan10Hari
#GameLevel6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar