Jumat, 30 Juli 2021

Keberanian untuk Mendapatkan Ketenangan

Mba Tari....

Semalam aku jelek banget. Tetiba dapat serangan karena Aritmiaku kambuh.


Masya Allah...

Hampir dua jam dalam suasana hujan membuat Mas Bojo dan ketiga anakku kalut.


Kasihan Mas Bojo harus ngurus aku yg BAB di tempat. 

Saat kutanya, “Baukah Bi?”. 

“Aman.... Gak kecium baunya.” ( 😁 anosmia beliau masih belum hilang).


Oksigen dan pijatan di antara jari jempol dan telunjuk seolah tak membantu. Mereka semua mengerumuniku, menghibur dan menyemangatiku. Namun meski oksigen sudah dialirkan dalam kondisi hampir full, rasanya aku bagaikan ikan yang terdampar di daratan.


Kucoba tersenyum dan menatap wajah mereka satu persatu. Dingin sekujur tubuhku dan menggigil sambil terus mengingat Allah. Kuminta mereka untuk membaca Al Matsurat bersama-sama. 


Di akhir pembacaan Al Matsurat putaran yang pertama, pertahanan anak bungsuku pun runtuh. Dia mulai meraung melihat kondisiku. Hal ini tetiba menyentak alam bawah sadarku. Aku harus bangkit!!!


Si sulung pun kuminta untuk membawa adiknya keluar agar lebih tenang. Mas Bojo dan si tengah terus menemaniku membaca dan menyimak Al Matsurat melalui YouTube yang dilantunkan suara merdu ustadz Hanan Ataki


Tepat di akhir putaran ketiga, seolah kehangatan mulai menyelimutiku. Terbata-bata aku mulai bisa berkata.


Yang pertama adalah kupanggil Si Bungsu yang sedang mengaji di luar kamar. Aku peluk dia dan kukatakan, kondisi seperti ini bukan pertama kali dialamiku sebagai seorang penyandang Aritmia. Kuceritakan kepada anak-anak tentang perjuanganku dulu saat melahirkan mereka, betapa Aritmia juga mampu meluluhlantakan kesadaranku saat di meja operasi. 


Selanjutnya mereka kembali mengerumuniku. Aku ucapkan terima kasih karena telah berjuang bersamaku.


Aku bilang ke Mas Bojo ingin bedrest selama beberapa hari. Kuinstruksikan untuk menghubungi ponakanku agar mensuplai pangan kami beberapa hari kedepan.


Mas Bojo pun menawari aku untuk ke rumah sakit. Namun aku enggan, berada di rumah sakit hanya akan membuat aku stress. Karena pasti aku akan terpisah dari mereka.


Kuminta Mas Bojo untuk menghubungi Pak Erwin, minta no dokter Ike agar keesokan kami bisa Konsul via telpon terkait kondisiku. Karena aku lebih nyaman di rumah, Pak Erwin pun menyarankan untuk melanjutkan istirahat ini di rumah.


Istirahat di rumah di kala sakit adalah pilihan kami sejak awal. Aku pun sudah siap dengan segala kondisi untuk pilihan ini. Jikalau Allah menginginkanku menghadap, maka aku ingin “pergi” saat berada di tengah-tengah anak dan suamiku.


Teringat kemarin pagi aku membuat desain poster seperti terlampir dalam gambar. Awalnya caption yang kupilih adalah FIGHT. Tapi aku pikir BRAVELY lebih menggambarkan kondisiku.





Jujurly aku memang penakut. Namun pesan Mas Bojo agar aku tak pernah takut terhadap masa depan yang beliau ucapkan saat meminangku dulu selalu menjadi booster.


Keberanianlah yang akan menghadirkan ketenangan. 


Di awal Mas Bojo menunjukkan gejala Covid memang aku pernah ketakutan. Takut bagiku hal manusiawi. Karena ketakutan bisa pula menjadi penanda bahwa kita mengimani ada yang lebih kuat dari kita.


Namun itulah kelemahan yang sering membuat psikosomatisku tambah parah. 


Seolah Dejavu...

Di awal terjangkit diantara berlima, aku hampir tak bergejala. Sehingga aku bisa merawat Mas Bojo, Da dan Dul yang gejalanya lebih kompleks. Entah bagaimana terlintas dalam pikiranku saat itu, kelak gejalaku akan muncul setelah mereka bertiga membaik dan Mas Bojolah yang akan merawatku secara intensif. Lintasan pikiran yang seharusnya tak ada dalam benakku 😥. Karena bisa jadi saat itu terlintas, ada yang mengamini. Harusnya keep positive mind yang diperbanyak.


Mungkin “jelek” nya kondisiku semalam adalah akumulasi kecapekan dan ketakutan. Karena dua hal itulah yang sering memicu munculnya Aritmiaku.


Mba Tari...

Terimakasih telah membaca aliran rasaku. Ini kutulis setelah Subuh tadi aku kembali mendapatkan serangan yang dipicu karena aku ke kamar mandi karena hendak menunaikan Shalat Subuh. 


Do'akan supaya keberanian tak padam dalam semangatku. Agar ketenangan semakin menguat menelusup ke dalam jiwa ragaku.


Yani, si BuPer

31 Juli 2021



PS:  FYI punggung tanganku sekarang memar dan mati rasa 😁😃


Gegara mereka terlalu keras memijat semalam. Soale semalam dipijat sekeras apapun gak kerasa 🤭


Bar itu emu kabeh 😁🤭😃

Tidak ada komentar:

Posting Komentar