Kamis, 10 November 2016

#NHW 4 Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH 🍀
Alhamdulillah kelas matrikulasi kali ini telah masuk tahap #4 dari rangkaian proses belajar yg harus saya ikuti. Etape yg harus saya lalui semakin banyak tantangannya, semoga saya dapat melalui semua tahapannya dengan baik. Setelah jauh menengok ke belakang, di tahap ini saya benar-benar tertantang untuk kembali memperbaiki dan menyusun ulang misi spesifik dalam menjalani sisa hidup. Meski sedikit terlambat beberapa tahun, tapi saya yakin inilah cara Allah untuk mendidik saya menjadi seorang perempuan yg lebih baik. Aamiin.

Melihat kembali Nice Homework #1, dengan mengucap Bismillah…
Dengan ini saya memantapkan diri untuk tetap menekuni jurusan ilmu menjadi ibu profesional, termasuk di dalamnya program studi ilmu parenting, ilmu tumbuh kembang anak, manajemen keluarga dan manajemen komunitas. Bagi saya ini adalah modal utama yg harus sy pelajari agar saya bisa menjadi perempuan yg lebih baik, sesuai dengan tujuan Allah menciptakan saya.

Pada Nice Home Work #2 yg lalu saya telah membuat checklist harian, sebagai sarana untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” menjalani peran saya. Meski checklist harus saya revisi setelah mendapat review dari bu Septi, semoga saya bisa konsisten untuk mengisinya sesuai dengan target yg telah saya tetapkan.

Lanjut ke Nice Homework #3, dari situ saya bisa memahami maksud Allah menciptakan saya di muka bumi ini. Allah menghadirkan seorang lelaki sholeh yg terbaik dalam hidup saya. Bersamanya saya mempunyai misi yg sangat mulia yakni membangun keluarga yg samarada. Mendidik anak-anak kami untuk menjadi generasi terbaik. Bersama kami harus berkontribusi membangun peradaban dari rumah kecil kami.

Saya adalah seorang yg spontan, aktif, enerjik, cekatan, cepat, sigap, antusias, fun dan penuh variasi.
Selain sebagai komunikator yg baik saya juga mempunyai interpersonal skill yang baik. Untuk itu saya perlu mendalami bidang manajemen kerumahtanggaan dengan baik. Harapan saya dengan mempelajarinya maka saya bisa langsung menerapkan di keluarga untuk kemudian memberikan motivasi kepada sesama perempuan di sekitar saya
Semoga saya bisa lebih memantapkan diri menjadi seorang motivator.
Misi Hidup : memberikan motivasi kepada ibu-ibu muda di sekitar saya
Bidang : Manajemen Kerumahtanggaan
Peran : Motivator

Untuk bisa menjadi ahli di bidang Manajemen Kerumahtanggaan, maka saya  setuju dengan tahapan ilmu yang ditetapkan oleh komunitas IIP. Oleh kyarena itu saya harus menguasai ilmu sebagai berikut :

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

Meski kesempatan untuk mempelajari ilmu tersebut baru datang di saat saya berumur 38 th. Bagi saya ini adalah tantangan tersendiri. Karena ibarat tambal sulam, sy harus memperbaiki berbagai kesalahan yg telah saya lakukan dan meneruskan habbit positive yg sdh dijalankan di keluarga kami.
Untuk membantu saya dalam menjalankan misi hidup, maka saya tetapkan Milestone  adalah sbb  :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

Terima kasih bu Septi, perjalanan sejarah hidup ibu telah memberi inspirasi tersendiri buat saya pribadi. Mohon ijin untuk menduplikasi apa yg sdh Ibu ajarkan, dengan sedikit imprivisasi pelasanaannya, karena harus saya sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Semoga saya pun bisa menjadi seorang motivator yg baik, setidaknya untuk lingkungan sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar