Minggu, 09 Agustus 2020

Kelebihan Facebook Group Sebagai Platfom Pembelajaran Daring





Hampir usai sudah tugasku mengawal Foundation IP Batch #9. Artinya sudah tiba saatnya aku harus mereview apa saja yang telah kulakukan. Oh ya ... sebagai informasi, jurnal ini melengkapi jurnalku di ditulisan sebelumnya tentang Gamifikasi Sebuah Metode untuk Pembelajaran Mandiri. Kali ini aku akan memberitahu pembaca budiman apa saja kelebihan dan kekurangan jika menggunakan FB Group sebagai platform penyampaian pembelajar daring. Aku merekomendasikan platform ini digunakan oleh teman-teman guru yang sekarang sedang menjalani PJJ maupun para pegiat kursus daring.


Sebelumnya, mari mengenal jenis-jenis FB Group yang disediakan oleh Om Mark Zuckerberg. Pemilihan jenis ini bisa diatur di menu pengaturan saat membuat group.

Pemilihan Jenis FB Group Yang Cocok untuk Platform Pembelajaran Daring


Pilih jenis grup sebagai pembelajaran sosial agar muncul fitur-fitur pendukung yang mempermudah penyampaian materi

Pilihan dan pengaturan menu pendukung pembelajaran dapat ditemukan di pengaturan grup


Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan FB Group sebagai platform pembelajaran daring:


1. Menu Untuk Penyampaian Materi Komplit


Salah satu kelebihan yang ditawarkan FB Group sebagai platform pembelajaran daring adalah adanya:

a. Menu Diskusi

Menu ini adalah menu yang dapat digunakan untuk berinteraksi antara peserta dan penyelenggara. Agar efektif sebaiknya di group diatur hanya admin dan moderator yang bisa memposting thread di grup. Karena dengan mengizinkan peserta memposting thread akan menyebabkan tertimbunnya beberapa informasi penting dari penyelenggara.

Tampilan menu diskusi yang berisi aliran semua percakapan grup


Di menu diskusi ini, dapat dilihat adanya thread pengumuman yang berfungsi sebagai pinned post. Memudahkan penyelenggara untuk menyampaikan informasi penting. Posisi pengumuman yang juga menjadi pinned post ini terletak di thread diskusi paling atas. Jadi memudahkan peserta untuk mencari tahu agenda harian group atau tugas yang harus segera diselesaikan. Tersedia juga menu topik untuk mengklasifikasikan postingan sesuai tema pokok bahasan. 


Menu diskusi ini sama seperti timeline Facebook biasa, semua postingan dapat ditemukan di menu ini. Di menu ini pun admin grup selaku penyelenggara dapat membuat postingan terjadwal. Salah satu fitur yang memudahkan admin dalam menyusun rundown penyampaian materi secara terstruktur. Dengan postingan terjadwal ini, sangat memantu admin untuk mengatur gadget hour. Cara membuat postingan aku tampilkan dalam gambar sebagai berikut:

Cara penulisan postingan


b. Menu Unit

Ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki FB Group. Penggunaan menu unit ini akan membantu penyelenggara untuk menyampaikan materi secara sistematis. Menu ini adalah salah satu alat kontrol untuk mengetahui progres yang peserta dalam memahami dan menyelesaikan materi/tugas yang diberikan dengan meminta peserta untuk mengeklik tombol SELESAI.

Letak menu unit ada disini
Pengaturan unit


Melengkapi menu unit ini admin bisa melihat insight grup dan melihat detail penyelesaian unit dan postingan sehingga bisa mengevaluasi progres peserta. Lebih keren lagi karena laporannya bisa di download dalam bentuk excel dan CSV. Untuk melihat insight ini, admin selaku penyelenggara dapat menuju menu wawasan grup seperti yang aku tampilkan pada pict berikut ini:

Menu untuk melihat progres peserta


Yang paling menarik selaku penyelenggara, admin dapat membuat postingan kuis di menu unit ini. Adanya kuis ini tentunya juga akan sangat membantu penyelenggara untuk mengevaluasi peserta. Dan hasil kuis ini pun dapat di download sehingga bisa menjadi laporan tertulis

Postingan kuis pada menu Unit di FB Group

c. Menu Mentorship

Kelebihan yang hanya di miliki FB Group ini membuatnya terdepan. Menu mentorship dapat digunakan untuk membantu peserta agar lebih memahami materi pembelajaran. Tujuannya adalah untuk menghubungkan pengguna dengan pengguna lainnya sebagai guru dan murid. Dengan menu ini, admin selaku penyelenggara dari beberapa grup di Facebook bisa membuat program untuk memasangkan seorang mentor dengan murid.

Pilihan pengaturan menu mentorship

d. Menu Forum

Menu ini menu terbarunya FB Group, baru diluncurkan akhir Juli 2020. dengan menu ini sangat memungkinkan terjadinya tatap muka antara penyelenggara pembelajaran dengan pesertanya secara daring. Menu ini juga dilengkapi dengan fitur berbagi screen yang memungkinkan penyelenggara untuk mempresentasikan materi pembelajaran.

Tampilan menu forum

e. Menu siaran langsung

Yang ini adalah salah satu menu yang cukup aplikatif di FB Group. membantu penyelengara tetap terhubung dengan peserta saat penyampaian materi secara visual. Fitur ini sangat membantu peserta dalam memahami sebuah materi tentunya. Siaran langsung ini juga dapat dijadwalkan sehingga membantu penyelenggara dan peserta untuk mempersiapkan diri sebeluam hari H pelaksanaan. Siaran langsung dapat dilakukan dengan tiga pilihan; menggunakan stream key dan dihubungkan dengan penyedia jasa streaming, dengan menggunakan kamera dan menggunakan aplikasi encoder yang terpasang di grup, seperti Streamyard atau BeLive atau encoder lainnya

Pengaturan menu siaran langsung di FB


2. Membantu Penyelenggara untuk Tetap Terhubung dengan Peserta

Kelebihan yang kedua ini karena dalam FB Group tersemat menu Forum dan Siaran Langsung yang sudah kuulas diatas. Selain itu FB Group ini sangat user friendly, memungkinkan peserta mengikuti pembelajaran secara mandiri dnegan waktu yang flesksibel. Semudah menggunakan media sosial biasa. Dan juga FB Group ini tidak terlalu banyak menyedot kuota data.


3. Bisa Digunakan Tanpa Mendownload Aplikasi

Menarik, karena salah satu kelebihan FB Group ini menjadikannya gampang diakses dimana saja dnegan device apa saja yang tentunya sangat membantu bagi mereka yang memori device (gadget) nya sangat terbatas. Bisa dibuka dengan versi dekstop melalui HP dan tablet dengan tampilan yang sama persis seperti kalau dibuka dengan laptop.



4. Bisa Diatur Notifikasinya

Beberapa pengguna aplikasi pembelajaran daring tentunya sangat membutuhkan adanya notifikasi (pemberitahuan) ini agar tidak tertinggal materi. Namun notifikasi yang terlalu berlebihan masuk juga akan menyebankan tsunami informasi. Di FB Group, penggunaan notifikasi ini, baik penyelenggara maupun peserta dapat mengaturnya sesuai kebutuhan.

Pengaturan notifikasi FB Group



Demikianlah reviewku atas penggunaan FB Group sebagai platform pembelejaran daring. Namun namanya juga sebuah alat, selain kelebihan tentunya juga memiliki kekurangan. Sejauh ini aku belum menemukan kekuarangan yang cukup fatal dalam penggunaannya. Menurutku penggunaan platform ini sangat recommended meski salah satu kekurangannya adalah tidak bisa digunakan sebagai sebuah kelas besar dengan peserta ribuan. Akan sangat menyulitkan penyelenggara dalam menyusun laporan yang mencakup progres peserta jika terlalu banyak pesertanya.


Thread diskusi juga cukup membingungkan peserta yang belum terbiasa menggunakan platform ini. Karena thread secara otomatis akan naik jika ada komentar baru ditambahkan. Namun ini sebenarnya bisa disiasati dengan selalu memperhatikan aktivitas terbaru di grup dengan menggunakan menu sebagai berikut ini;

Cara melihat aktivitas FB Group





Karena platform ini masih tergolong baru, perlu edukasi kepada peserta secara masiv tentang tatacara menggunakannya. Meski penggunaan Facebook telah familiar namun tetap saja harus terbiasa menggunakannya terlebih dahulu agar tercipta kelas yang nyaman baik untuk penyelenggara maupun peserta.


Maukah teman-teman mencoba fitur terbarunya FB Group ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar