Rabu, 15 Juli 2020

Membangun Blog sebagai Media Pembelajaran

Ini adalah materi pertama yang saya buat untuk membantu teman-teman guru agar mereka mampu membuat blog. Rasanya baru kemarin saya selesai merubah tampilan blogku dengan dipandu mentor ku yang baik hati mba Susi Ernawati author blog Cakrawala Susindra, dan kini saya diminta untuk berbagi ilmu. Seperti motto saya saat pertama kali mengikuti mentoring di Bunda Cekatan kemarin, menjadi yakni menjadi generasi rabbani, generasi yang senantiasa belajar dan mengajar, semoga materi yang terangkum dari sesi mentoringku ini bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.



Masa pandemi ini, mau tak mau, suka tidak suka memang membuat kita semua harus keluar dari zona nyaman. Demikian juga dunia pendidikan. Menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kesiapan guru dalam menyajikan metode belajar sangat mempengaruhi keberhasilan proses PJJ ini.

Ada banyak metode penyampaian yang bisa digunakan. Dari semua metode yang bisa digunakan, penggunaan blog adalah  salah satu alternatif yang bisa digunakan. Gerakan guru membuat blog sendiri sempat booming di tahun 2014. Manfaat membangun blog ini sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa manfaat membangun blog bagi seorang guru;


  • Pengetahuan bertambah.
  • Catatan di kelas.
  • Penilaian Kinerja Guru (PKG)
  • Media pembelajaran.
  • Latihan menulis karya ilmiah dan tempat untuk publikasi karya ilmiah.
  • Bertukar pengalaman dan pengetahuan.


Sebagai media pembelajaran, keunggulan blog adalah sebagai berikut:


  1. Menciptakan pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi.
  2. Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
  3. Metode mengajar akan lebih bervariasi tidak semata-mata komunikas verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga.
  4. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru tapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan.
  5. Mengajak siswa untuk terlibat langsung dalam gerakan literasi media


Untuk memulai membuat blog, yang paling penting adalah membuat perencanaan. Karena sebagus apapun tulisan di blog, jika tidak dibarengi dengan perencanaan yang baik, maka akan sia-sia. Perencanaan disini terbagi menjadi beberapa tahap berikut;

PEMILIHAN PLATFORM 

Ada dua platform yang cukup familiar di  antara para blogger, blogspot dan wordpress. masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Namun sepanjang pengalaman saya pribadi, untuk pemula saya sarankan blogspot. Silahkan mengulik artikel Kelebihan Blogspot Dibandingkan dengan Wordpress dan Plaftform Blog Lainnya  milik mentor saya ini agar jelas tergambar apa  alasannya.

TUJUAN MEMBUAT BLOG

Seperti tadi diawal, saya sampaikan bahwa manfaat membangun blog itu sangat banyak. Blog yang saya bangun ini sebenarnya ditujukan untuk membranding apa yang sudah saya pelajari di komunitas belajar online Ibu Profesional, sebagai salah satu portofolio yang akan menjadi warisan bersejarah bagi para ibu pembelajar lainnya. Adapun tujuan yang lain dapat ditemukan di dalam materi Pentingnya Perencanaan Sebelum Membuat Blog

PEMILIHAN NICHE

Niche atau topik adalah tahapan selanjutnya setelah menentukan tujuan membangun blog. Niche blog adalah topik yang menjadi pokok bahasan utama di blog. Hal ini diperlukan agar blog anda bisa ramai dikunjungi. Search Engine juga menyukai blog yang mempunyai niche blog yang bagus dan tidak keluar dari jalur niche. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang niche ini, artikel Tujuan Ngeblog dan Niche yang Bisa Dipilh dan Kembangkan. ini akan sangat membantu untuk memahami apa itu niche.


MEMILIH TEMPLATE

Template blog saya ibaratkan sebagai sebuah rumah. Oleh karena itu sejak awal tadi saya lebih suka memakai diksi membangun blog daripada membuat blog. Tentunya kita ingin tulisan baca dibaca orang bukan?
Nah ibarat sebuah rumah, tulisan itu saya ibaratkan inti ruangan di dalam rumah, agar menarik pengunjung maka perlu memahami apa saja yang perlu dibangun. Silahkan berkunjung ke artikel Struktur Template Blog untuk mendapatkan gambaran jelas apa saja yang harus ada dalam sebuah blog.

MENULIS KONTEN

Ini yang paling utama, membangun blog namun jika tidak dibarengi dengan penulisan konten yang menarik juga bisa diibaratkan rumah kosong tak berpenghuni. Menggunakan blog sebagai media pembelajaran memiliki dampak negatif, yaitu di plagiarisme, budaya copy paste pasti ada dimanapun dengan adanya plagiat menjadikan siswa malas untuk berfikir dan mengandalkan ilmu dan informasi dari orang lain. Maka dari itu perlu bijak dalam menggunakan blog dan hindari plagiarisme karena menjiplak akan merugikan diri kita sendiri. Plagiarisme adalah sebuah tantangan, untuk itu tips di artikel Belajar Membuat Konten Blog yang Menarik ini akan sangat membantu anda dalam mengisi blog.

Ibarat sebilah pisau, membangun blog itu memang banyak manfaatnya namun juga tak lepas dari sisi negatifnya. Memerangi plagiarisme adalah sesuatu yang tak mudah, perlu merubah mindset dan mengembalikan tujuan dalam membangun blog agar terhindar dari plagiarisme. Dalam konteks konten blog, anda bisa terhindar darinya dengan senantiasa share langsung dari sumber ilmunya seperti yang saya lakukan dalam membagikan artikel ilmu dan juga dapat mencantumkan sumber di akhir tulisan. Mari kita bijak dalam mengisi dan membangun blog, agar kemanfaatannya lebih berkah.


PS : sebagai tambahan, berikut ini akan saya sampaikan infografis terkait gerakan anti plagiarisme

Sumber: Buku Fikih Jurnalistik

sumber : https://seomam.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar