Rabu, 10 Januari 2018

Membangun Konsep Diri Anak dengan Menumbuhkan Fitrah Seksualitas, bagian 1

Konsep diri adalah pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri. Pandangan diri terkait dengan dimeni fisik, karakteristik individual, dan motivasi diri. Pandangan diri tidak hanya meliputi kekuatan-kekuatan individual, tetapi juga kelemahan bahkan juga kegagalan dirinya. https://id.wikipedia.org/wiki/Konsep_diri

Menumbuhkan fitrah seksualitas adalah salah satu tahap untuk membangun konsep diri anak, karena ia akan menghargai dirinya dan mampu melihat sisi positif dari setiap kejadian untuk diambil pelajaran agar lebih berkembang di masa depan. Ketika mendengar kata seksualitas mungkin sudah ada suatu gambaran tentang hal-hal yang tabu begitu ya, padahal dalam Islam sendiri pendidikan seks ini betul-betul dikemas dengan sangat luar biasa dan ini memang wajib untuk diketahui oleh ayah dan  bunda sejak mereka sejak dini.

Yang pertama kita lakukan adalah mengenalkan tentang konsep laki-laki dan perempuan. Jadi kalau punya anak laki-laki kalau dalam Islam sudah dijelaskan didiklah anak laki-laki dengan memanah, berkuda dan berenang begitu. Untuk anak perempuan kenalkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan kewanitaan. Sehingga mereka tahu, oh laki-laki itu seperti ini, oh perempuan itu seperti itu.

Sekarang ini sudah terjadi banyak kaum laki-laki yang berpenampilan seperti perempuan bahkan sudah bergaya seperti perempuan atau kebalikanya anak perempuan seperti laki-laki kalau kita lihat tayangan di televisi, kita bisa saksikan begitu banyaknya bergaya dengan cara yang bukan fitrahnya.
Nah oleh karena itu perlu kita ajarkan kepada anak kita bahwa kamu laki-laki, bagaimana cara kamu berbicara, bertindak, adalah seperti laki-laki dan juga kalau anak kita perempuan,

Kemudian yang ketiga adalah bagaimana mengarahkan anak kita cara bergaul tentunya kita ajarkan untuk tidak berkhalwat kemudian tidak berikhtilat berdua-duaan atau bergabung, bercampur, kita kenalkan tentang makhromnya dan sebagainya. Sehingga anak-anak kita tahu betul bagaimana membawa diri dalam pergaulan ini semua sebenarnya pendidikan seks, jadi bukan kemudian urusan seks itu urusan yang kaitannya dengan hubungan seksual. 

Ada tiga hal yang erat kaitannya kenapa menumbuhkan fitrah seksualitas erat kaitannya dengan konsep diri;
1. Diri Ideal (Self Ideal)
 Self-ideal terdiri dari :
·         harapan,
·         impian,
·         visi,
·         idaman
Dalam menumbuhkan fitrah seksualitas pada anak sangat erat kaitannya dengan Self-ideal ini. Ada tahapan yang dibangun sesuai usia anak, agar anak mampu membedakan gender sejak berusia 3 tahun dan kemudian bangga sesuai dengan gendernya. Tugas orangtua adalah membantu anak-anak membentuk diri ideal mereka. Karena diri ideal ini akan menentukan sebagian besar arah hidup anak.
Ia menentukan arah perkembangan diri dan pertumbuhan karakter serta kepribadian.

2.  Citra Diri (Self Image)
Bagian ini menunjukkan bagaimana anak bisa membayangkan diri sendiri, dan menentukan bagaimana dia akan bertingkah laku dalam satu situasi tertentu. Bagaimana cara seorang perempuan bersikap hendaknya sudah diajarkan kepada anak perempuan sendari mereka kecil, sehingga tidak sifat-sifat fitrah sebagai seorang perempuan yang penuh dengan kelemah lembutan akan menjadi citra diri yang melekat pada kehidupannya.

3. Self-Esteem (Jati Diri)
self-esteem adalah seberapa besar anak menyukai dirinya sendiri. Semakin anak menyukai dirinya, semakin baik dia dalam bertindak dalam bidang apa pun yang dia tekuni. Bagian ini adalah komponen emosional dalam kepribadian. Komponen-komponen pentingnya:

·         bagaimana anak berpikir tentang dirinya,
·         bagaimana anak merasa,
·         bagaimana anak bertingkah laku.
Jati diri adalah hasil perbandingan antara diri ideal dengan citra diri.
Jika citra diri anak sejalan atau mendekati diri idealnya, maka harga dirinya akan tinggi.
Jika citra diri anak tidak sejalan atau jauh dari diri idealnya, maka harga dirinya akan rendah.


Diresume dalam rangka memenuhi tugas kuliah Bunda Sayang IIP Level 11
 
·        



Tidak ada komentar:

Posting Komentar