Sabtu, 20 Januari 2018

Anak Lelaki Calon Pemimpin Keluarga

Salah satu cara untuk menumbuhkan fitrah seksualitas seorang anak laki-laki adalah dengan selalu mengajak anak untuk bersikap sebagai seorang pelindung keluarga, terutama untuk ibu dan saudara perempuannya. Cara ini sangat tepat untuk menumbuhkan jiwa tanggung jawab seorang anak laki-laki.

Adalah Abdulloh, anak laki-laki kedua kami. Sejak kecil Abdulloh selalu kami tempatkan sebagai penjaga keluarga. Dalam setiap kesempatan, Abdulloh selalu kami minta untuk menjadi pemimpin. Misalnya saat mengajaknya ke pasar, maka saya akan mengatakan kepadanya, "Mas... yuk temani Umi ke pasar" Terkadang kalau dia malas untuk ikut, saya tambahkan kalimat, "Temani Umi ke pasar ya mas, anak  lelaki itu selalu menjaga ibunya, di pasar kan banyak orang". Kalimat ini lebih lebih mengena dari pada, "Mas .... mau ikut ke pasar?"

Atau dalam sebuah kegiatan sepele, misalnya saat Auda, kakak perempuannya menginap di rumah buliknya, saya selalu berkata, "Mas... antar dan temani mbak Auda ke rumah bulik, anak gadis kan tidak boleh menginap di rumah orang lain sendirian.

Dengan cara seperti itu, saya berharap dalam diri Abdulloh kecil sudah tertanam jiwa tanggung jawab sebagai seorang lelaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar