Jumat, 19 Januari 2018

Adab untuk Menumbuhkan Fitrah Seksualitas Anak







Ketika mendengar kata seks mungkin sudah ada suatu gambaran tentang hal-hal yang tabu begitu ya, padahal dalam Islam sendiri pendidikan seks ini betul-betul dikemas dengan sangat luar biasa dan ini memang wajib untuk diketahui oleh ayah dan  bunda sejak mereka sejak dini.

Yang pertama kita lakukan adalah mengenalkan tentang konsep lakilaki dan perempuan. Jadi kalau punya anak laki-laki kalau dalam Islam sudah dijelaskan didiklah anak laki-laki dengan memanah, berkuda dan berenang begitu.

Untuk anak perempuan kenalkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan kewanitaan. Sehingga mereka tahu, oh laki-laki itu seperti ini, oh perempuan itu seperti itu. Kemudian yang kedua kenalkan tentang cara berpakaian laki-laki dan perempuan juga berbeda, dalam satu hadist dikatakan bahwa Allah melaknat laki-laki yang mirip perempuan atau perempuan yang kemudian mirip laki-laki.

Sekarang ini sudah terjadi banyak kaum laki-laki yang berpenampilan seperti perempuan bahkan sudah bergaya seperti perempuan atau kebalikanya anak perempuan seperti laki-laki kalau kita lihat tayangan di televise, kita bisa saksikan begitu banyaknya bergaya dengan cara yang bukan fitrahnya.
Nah ini sudah kita ajarkan kepada anak kita bahwa kamu laki-laki, bagaimana cara kamu berbicara, bertindak, adalah seperti laki-laki dan juga kalau anak kita perempuan,

Kemudian yang ketiga adalah bagaimana mengarahkan anak kita cara bergaul tentunya kita ajarkan untuk tidak berkhalwat kemudian tidak berikhtilat berdua-duaan atau bergabung, bercampur, kita kenalkan tentang makhromnya dan sebagainy. Sehingga anak-anak kita tahu betul bagaimana membawa diri dalam pergaulan ini semua sebenarnya pendidikan seks, jadi bukan kemudian urusan seks itu urusan yang kaitanya dengan hubungan seksual kemudian berpacaran tidak, tidak ke sana.
Bahkan dalam Islam sangat diajarkan bagaimana caranya tidur, ayah bunda tahu ya dilarang anak perempuan atau anak laki-laki tidur dalam satu selimut, perempuan dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki juga tidak boleh tidur dalam satu selimut itu sudah diajarkan. Sebaiknya juga kalau punya anak laki-laki perempuan kita pisahkan sejak dini. 

Kemudian lagi ketika mereka sudah mulai beranjak besar, bagaimana cara berpakaian bagaimana cara menitup aurat laki-laki dan perempuan dan juga menjaga pandangan agar mereka tidak terbiasa melihat hal-hal yang tidak baik.Bunda kalau dirumah bukan kemudian wah ini pumpung dirumah kemudian berpakaian seadanya saja padahal kita punya anak laki-laki dirumah kita, kita ajarkan bunda harus berpakaian rapi dan tertutup dalam rumah.

Biasakan mata anak kita melihat hal-hal yang baik, walaupun itu adalah anak kita sendiri atau itu bundanya sendiri tetapi pembiasaan melihat hal-hal yang tidak baik akan membawa dia menjadi sebuah kebiasaan melihat hal-hal yang tidak baik juga menjadi suatu kebiasaan.

Ada lagi ayah dan bunda jangan lupa juga ketika mereka sudah mulai bergaul dengan teman sejenis dengan disekolahnya mungkin ya yang beranjak SMP itu juga dikenalkan  kamu tidak boleh lagi berboncengan dengan lawan jenis kamu sudah baligh harus bisa menjaga kulitmu tidak boleh bersentuhan dengan teman mu yang laki-laki.Ada hadistnya juga itu ya ditusuk jarum besi lebih mulia dari pada bersentuhan yang bukan mahromya kita jelaskan itu sejak dini sehingga anak-anak tahu betul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar