Kamis, 27 April 2017

Rekam Dulu Hafalkan Kemudian

Selingan yah....
Dari kemarin membahas stimulasi untuk gaya belajar Ridho, sekarang umi mau ngasih stimulasi untuk gaya belajar mas Abdul yg Kinestetik Auditory.

Berhubung si Do'i hari ini maju ujian praktek pidato, maka oleh walasnya diminta menghafal teks pidato yg panjang lebar. Kebetulan tema teks pidatonya tentang perpisahan. Alih-alih membaca untuk menghafalkannya si Do'i malah sesenggukan saat membaca teks tersebut.
Selidik boleh selidik, ternyata yg membuat si do'i sesenggukan adalah karena do'i sangat menghayati tentang perpisahan seperti yg tertulis di teks pidato.

Anak kedua umi ini memang mempunyai bakat emphaty yg kuat. Do'i sangat care kepada lingkungannya, bahkan sedikit melankolis,  tak ayal membayangkan tentang sebuah perpisahan membuat si do'i terisak.

Baiklah karena teks tetap harus dihafal, akhirnya umi berinisiatif untuk merekam suara umi saat berpidato berdasar isi teks tersebut. Selanjutnya tugas do'i hanya mendengarkan dan mengulang-ulangnya.
Cara ini cukup efektif karena do'i akhirnya bisa menghafal meski sesekali masih ada menampakkan wajah murungnya. Mungkin masih terbayang-bayang tentang perpisahan itu.

#HariKelima
#Tantangan10Hari
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar