Sabtu, 04 Maret 2017

Hari Kesembilan Melatih Kemandirian Anak

Melatih empati termasuk melatih kemandirian emosial anak. Hari ini saya dan Ridho membezuk Kevin, balita penderita gizi buruk, yg menjadi anak asuh saya. Satu bulan terakhir ini kondisi Kevin semakin memburuk. Hari ini saat kami bezuk berat badan Kevin tinggal 5,7 kg 😭.
Komplikasi penyakit serta kondisi gizi buruk yang dideritanya semakin memburuk. Hal ini menyebabkan Kevin harus mendapat suply makanan melalui selang sonde yang dipasang pada lubang hidungnya. Tak ada lagi keceriaan melainkan rintihan dan erangan yg terdengar dari mulut kecilnya. Tubuhnya yang tinggal tulang berbalut kulit. Lemah lunglai tak lagi berdaya.



Melihat kondisi Kevin, Ridho sangat merasa trenyuh. Saat Kevin kududukan diatas pangkuan saya, Ridho ikut membelai dan mengipasi tubuhnya, dengan maksud utk mengusir gerah. Selama ini anak-anak hanya mendengar cerita tentang Kevin dari mulut saya. Hari ini Ridho melihat dan menyaksikan secara langsung bagaimana kondisi Kevin.

Sesampainya dirumah, Ridho pun bercerita kepada mas Abdul dan Abi tentang kondisi Kevin. Ridho menarik kesimpulan dari pengalaman ini dengan berkata, " Aku sungguh beruntung tidak sekurus Kevin, semoga Kevin cepat mendapat bantuan dari orang lain. Umi aku pun mau memberi bantuan utk Kevin."

Barakallah nak, semoga kunjungan kita hari ini lebih menambah rasa syukur kita dan membuka mata hati kita untuk peduli kepada sesama.

#harikesembilan
#tantangan10hari
#melatihkemandiriananak
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar