Senin, 17 Oktober 2016

KOMUNIKASI PRODUKTIF


Komunikasi adalah proses penyampaian pesan. Komunikasi dapat dikatakan sukses jika pesan sampai dan diterima dengan benar sehingga komunikasi bersifat produktif. Komunikasi merupakaN kunci kesuksesan rumah tangga dalam mencapai visi misi.

Formulasi komunikasi produktif
- High Energy
- Intensity of Eye Contact
- Transfer of Feeling
- Strategy
- Fokus pada solusi bukan masalah
- Ganti kata "TIDAK BISA" menjadi "BISA"
- Katakan apa yang diinginkan, bukan apa yang tidak diinginkan
- Fokus ke depan bukan masa lalu

SO, CHOOSE YOUR WORDS



Beberapa tips akan kita bisa berkomunikasi dengan produktif
• pilihlah kata yang tepat, karena kata adalah cermin diri kita
• kata yang kita gunakan menunjukkan pola pikir kita
• kaya yang tepat akan memberikan energi yang besar
• minimalisasi penggunaan kata jangan atau tidak, jika tidak ada pilihan lain gunakan dengan memberikan alasan logis atas ketidakbolehan.

Yaap, komunikasi merupakan kunci utama keberhasilan dalam melakukan apapun, termasuk komunikasi dengan anak. Dengan komunikasi produktif kita akan bisa "hadir" untuk anak, dan anak akan merasa bahwa dirinya dihargai dan disayangi. Dari komunikasi produktif itulah yang nantinya akan memudahkan kita sebagai orang tua untuk tetap menjalin hubungan hangat dengan anak, walaupun anak sudah beranjak dewasa tetapi kita tetap bisa menjadi teman cerita terbaik untuk mereka, agar nantinya anak tidak mencari teman cerita yang salah diluar sana. Komunikasi produktif juga merupakan salah satu jembatan untuk menanamkan nilai-nilai sesuai dengan visi misi keluarga yang sudah dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar